Menghindari Phising Paypal Dan Credit Card

Phising Paypal Dan Credit Card adalah teknik hacking menggunakan website palsu dengan cara mengelabui terget dengan website tiruan , dan menggunakan domain yang menipu sehingga korban percaya bahwa website tersebut resmi dan dapat dipercaya.

Dalam melakukan aksinya biasanya pelaku membobol website online store dan juga melakukan spaming ke email korban agar mengunjungi website tiruan yang dibuat oleh pelaku kriminal carding ini.

Cara Menghindari phising tersebut , Selalu perhatikan domain yang tertera di url domain . Phising ini biasanya menggunakan domain yang mirip-mirip dengan domain asli , seperti contoh : Domain asli www.paypal.com , namun pelaku phising mungkin membuat domain palsu namun mirip dengan domain aslinya seperti www.paipal.com atau paypall.com dan semacamnya .

Dan Agar untuk selalu perhatikan alamat website serta Tanda Gembok Hijau tersebut, ini menandakan bahwa ini safe atau aman untuk diakses, perhatikan gambar berikut . ini domain asli paypal.com



Biasanya website phising tidak menggunakan url https :// . tapi sekarang banyak juga pelaku phising menggunakan https , namun selalu perhatikan tanda gembok Hijau PayPal,Inc (US). Karna website phising tidak ada tulisan tersebut.


Jika Kalian Menerima Berupa Email dari paypal, selalu perhatikan , biasanya email tersebut terlihat asli, seperti gambar berikut :



Di pesan tersebut pelaku mengiming-imingkan pelepasan limited ataupun security measure , jika pelaku mengirimnya dengan smtp + mailer bagus biasanya masuk inbox dan rapih seperti gambar diatas,

Coba Check link tersebut lalu jika kalian mendapatkan website dengan alert seperti gambar berikut :


Jika terjadi seperti itu , segera keluar dari website tersebut karna website tersebut terdetect phising oleh browser , dan disarankan untuk melaporkan website terkait ke pihak google agar segera ditindak lanjuti.
Intinya kalo ada website alert seperti gambar diatas lebih baik jangan dikunjungi.


Selalu waspada terhadap website-website online shop yang pertahanan securitynya lemah karna rentan untuk terjadi peretasan di website onlineshop dan mengambil data kalian terutama email dan password, selalu ganti password secara berkala serta tidak menggunakan password yang sama dalam akun atau website yang berbeda, seperti contoh.

Data email anda  : lucky@yahoo.com password : 123456lucky (akun yahoo anda)
Data paypal anda : lucky@yahoo.com password :123456lucky (akun paypal anda)


Contoh data diatas itu rentan  sekali terkena hack jika salah satu data dapat diretas oleh hacker.

Disarankan untuk membuat password yang berbeda-beda di setiap website, contohnya :

 
Data email anda  : lucky@yahoo.com password : 123456lucky (akun yahoo anda)
Data paypal anda : lucky@yahoo.com password :paypallucky123456 (akun paypal anda)


Jika password email dengan password paypal berbeda ,hacker tidak akan bisa mengakses semua data anda , dan itu tentu saja mengurangi resiko kehilangan data-data penting didalam email anda maupun saldo di paypal anda.

Sekian Saran dari saya, diharapkan selalu untuk waspada terhadap tindakan kejahatan dunia maya, perhatikan setiap url dan link , jika kalian merasa curiga sebaiknya jangan di kunjungi atau cari tahu terlebih dahulu .

Terima Kasih

Share on Google Plus

About HannaBe Rezika

Saya Hannabe Penulis Ulung dari UnderGround
    Blogger Comment

1 comments:

  1. Nice artikel bos...
    Namun jika sudah terkena serangan hacker, ada gx cara untuk masukin hacker itu k penjara?

    ReplyDelete