Di Tilang, Mending Damai Atau Minta Slip Biru ? | Berita Hacker

Gua  Mau share nih pengalaman gua soal ditilang polisi dan Surat biru (Slip Biru).

simak baik-baik untuk menjadi pelajaran .


Tilang_POLISI



*Le gua pulang kerja sekitar jam 00.20 WIB di sekitaran Monas .

Gua ngebut ngengggg......... sampe lampu merah sepi tuh , gua hajar aja lampu merah , tau-taunya polisi ngumpet di pinggiran ,

Bergetarlah hati gua seperti ngeliat cewe pada pandangan pertama .

"Aduh mampus nih gua anjir mana duit sisa 200k untuk satu minggu lagi baru gajian ", Ujar gua .

Alhasil gua di stopin tuh sama polisi , 

"ettt ettt ettt mau kemana lu , sini ke pinggir ." Ujar polisi

*Le ceritanya udah di pinggirin sama polisi.

"Selamat malam Pak, Bapak liat ga itu lampu merah ?'";. Polisi

"Liat Lah pak, masa kaga liat gede begitu ." ' Kata gua

"lah udah tau ngeliat masa bapak nerobos begitu aja , ?" Polisi

"Orang sepi pak , maklum aja saya tancap gas , soalnya lagi buru-buru nih," Alesan Gua 

"Boleh liat surat-surat nya ?"; Polisi

"Oh boleh pak (Dalam hati gua ngomong, Aduh mampus gua belom punya SIM)"; Kata Gua 

"Nih pak ,(gua nyodorin KTP Doang sama STNK)"; Gua

"SIM nya mana pak ? , kok ginian doang ?" ; Polisi

"ga ada pak saya belom sempet bikin, soalnya ga sempet terus pak, "; Gua

"Yaudah gimana nih ? mau ditilang aja atau bagaimana ?"; Polisi

"Aduh gimana ya pak ? Maaf deh pak saya ga ngulangin lagi serius ". Gua

"Yaudah Saya Tilang aja yak, " Polisi

"Jangan dong pak, saya ga sempet ngurus nya soalnya saya kerja dan motor satu-satunya , nanti gimana pak kalo saya ga kerja saya ga punya uang pak "., Gua

"Kamu Ini udah ga pakek helm (yang ga pakek helm boncengan gua kalo gua pakek) , Ga punya sim nerobos lampu merah lagi udah lah saya tilang aja atau damai biar cepet saya mau ngurusin orang lain," ujar polisi

"Yaudah Pak saya minta kertas biru aja biar saya bayar nanti ke Bank (Gua dengan sok tau karna pernah baca di pesbuk kalo kertas biru lebih murah dari pada damai)". Gua

"Hahahaha (Polisi ketawa, Anjir gua bingung disini ) Kamu tau dari mana kertas biru ? tau dari BBM atau pesbuk ya? "; Polisi ketawa ngeliatin gua

"Ya pokoknya saya minta kertas biru aja (Gua ngotot kayaknya bener nih lebih murah :) gua udah seneng nih kayaknya gua bakal menang debat dan dikasih kertas biru)"; Gua

"Kamu tau gak ? kalo kamu di kasih kertas biru kamu kena berapa duit ?"; Ujar Polisi 

"Ga tau pak , memang berapa ?(Gua ketawan tololnya nanya)"; GUa

"Nih sini kamu kesini(Sambil manggil gua ke motor dia , dan dia nyodorin kertas pasal-pasal pelanggaran dan sambil nunjuk-nunjuk pasal yang gua langgar) Nih kamu totalnya kena Rp.1.750.000,00- juta "; Ujar polisi

"Bener mau kertas biru ? saya tulis nih sekarang, kalo saya mah ga masalah toh kamu yang ngelanggar , "; ujar polisi 

"Aish parah pak , jangan deh pak , mahal banget ... yaudah damai aja pak soalnya uang saya dikit pak, maaf pak damai aja deh ". ujar gua

"Makanya jangan sok tahu soal kertas biru , Saya tahu kamu ga punya uang makanya saya kasian sama kamu , yaudah lain kali kamu jangan sok tau begitu . gimana kalo ketemu polisi yang serius kamu pasti langsung beneran di kasih kertas biru. lain kali harus tau dulu "; ujar polisi baik (mungkin polisinya ga tegas sama gua) T-T

"Iya pak maaf pak , yaudah "; gua

*Le ceritanya gua udah damai . gua langsung tancep gas dengan kencang dan akhirnya bebas dengan damai dengan 30 rebu rupiah karna memang gua naro uang di dompet 30 rebu rupiah sisanya gua taro kantong, maklum gua kalo soal ini udah profesional karna udah sering di tilang haha....


Pelajaran yang gua dapet dari penilangan itu , gua terlalu sok tahu dan terlalu percaya sama berita di pesbuk mengenai kertas biru yang katanya lebih murah dari pada di tilang dan damai tanpa tau pasal-pasalnya.

Dari Kesalahan yang gua lakuin gua kena pasal sebagai berikut :

1.Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281)

2.Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

3. Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 291 ayat 1).



Kalo ditotal - total Rp.1.750.00,00- (Satu juta tujuhratus lima puluh ribu rupiah)

Dari kisah gua semoga kalian dapet pelajaran , intinya kita harus tahu dulu soal kesalahan kita dan pasal-pasal pelanggaran , dan jangan sok tahu kayak gua .

Terima Kasih :)
Share on Google Plus

About HannaBe Rezika

Saya Hannabe Penulis Ulung dari UnderGround
    Blogger Comment

6 comments:

  1. wuih tuempek banget gan

    ReplyDelete
  2. waaahhhhh tuempek banget nih gan

    ReplyDelete
  3. ia nih bener-bener sangat tuempek beritanya

    ReplyDelete
  4. bener gan, slip biru emang denda maksmal, tapi setelah putisan sidang pengadilan, kembaliannya bisa diambil

    ReplyDelete
  5. mending ngebut aja coeg balapan ama polisi :v gak bayar

    ReplyDelete